SELAMAT DATANG di BLOG MERII

Senin, 26 November 2012

Materi Mulok semaster 1 Kelas XI IPA


SEMESTER 1

Pelajaran MULOK kelas IX IPA
KEUNGGULAN IKAN PINDANG
            Ikan pindang yang mudah diperoleh di pasa-pasar menyimpan protein tinggi. Selain itu,  terdapat berbagai unsur mineral dan vitamin A. Unsur lainnya adalah asam lemak, omega 3 yang sangat bermanfaat untuk menagkal berbagai penyakit.
            Salah satu olahan tradisional ikan yang sangat populer di Indonesia adalah ikan pindang, yang tresebar hampir diseluruh wilayah Indonesia.
Pemindangan memiliki keuntungan:
1).        Cara pengelolahannya sederhana dab tidak memerlukan biaya mahal
2).        Hasilnya berupa produk matang yang langsung dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu
3).        Rasanya cocok dengan selera masyarakat Indonesia pada umumnya
4).        Dapat dimakan dengan jumlah yang relatif banyak, sehingga sumbangan proteinnya cukup besar bagi pembaikan gizi.
Ikan merupakan produk yang mudah mengalami pembusukan. Hal tersebut disebabkan karena kandungan air dan protein yang tinggi pada ikan serta adanya proses autolisis yakn proses penguraian jaringan yang berjalan dengan sendirinya setelah ikan mati. Pembusukan juga disebabkan oleh bekteri seperti pseudumonas Achimobacterflavobacterium, maupun clostridium yang memiliki sifat patogen.
Berbagai macam pengolahan telah dilakukan untuk menanggulangi kebusukan yang mudah terjadi pada ikan. Untuk mengilangkan bakteri pada ikan sehingga aman untuk di santap adalah dengan cara penggorengan dengan tepung, penggorengan dengan telur, dan penggorengan pedas menggunakan cabai merah.
Berbagai penelitian yang telah dikakukan diketahui bahwa pengolahan dengan berbagai macam penggorengan dapat menurunkan jumlah total mikrobia, saureus dan coliform yang terdapat pada pindang ikan tongkol. Pada ikan pindang yang telah digoreng tidak ditemukan bakteri yang diduga salmonella ataupun v.parahaemolyticus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar