SELAMAT DATANG di BLOG MERII

Kamis, 22 November 2012

Materi TIK semester 1


SEMESTER I
Pelajaran TIK kelas XI IPA
PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET
A.    Modem
Modem sibgkatan dari singkatan Modulator dan Demodulator.  Adalah alat yang akan memasukkan (memodulasi) informasi  digital (berisi “1” dan “0”) ke sinyal pembawa yang sifatnya analog (pada kecepatan rendah berbentuk sinyal suara), dan juga mengambil informasi  yang di kirim dari sinyal pembawa. Tujuan utama modem adalah untuk membuat sinyal yang dapat dengan dikirimkan di bagian pengirim dan dengan mudah diubah menjadi sinyal digital di bagian penerima. Modem dapat digunakan pada semua jenis peralatan pengirim sinyal analog, mulai dari dioda, kabel hingga radio. Modem biasanya diklasifikasikan berdasarkan jumlah data yang dapat dikirim pada satu waktu, biasanya diukur dalam satuan bit per detik atau “bps”.
Menurut bentuk pemasangannya, modem dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
a.       Modem Internal : modem yang letaknya menyatu dalam CPU komputer, berupa kartu yang ditancapkan pada slot ekspansi di motherboard. Modem jenis ini harganya relatif lebih murah, namun hanya dapat digunakan pada satu komputer.
b.      Modem Eksternal : modem yang letaknya diluar perangkat komputer dan untuk menghubungkan dengan komputer digunakan kabel sambungan. Modem jenis ini dapat dipindahkan sehingga dapat digunakan oleh komputer lain. Modem ini relatif lebih mahal namun dapat dipindah-pindahkan pada komputer lain.
Berdasarkan kecepatan kecepatan informasi yang ditransfer (baut rate), modem dapat dibedakan sebagai berikut:
a.       Modem Dial-Up atau konvensional
Modem dial-up merupakan modem yang menggunakan jaringan telepon untuk berkomunikasi. Jalur telepon merupakan sarana yang digunakan untuk koneksi modem dial-up. Modem ini memiliki kecepatan transmisi data maksimal sebesar 56 Kbps.
b.      Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi. Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video. Kecepatan maksimum yang dapat digunakan pada generasi modem ADSL menggunakan teknologi ADSL 2+ adalah sekitar 15 Mbps untuk jarak antara rumah ke sentral telepon sekitar 1,5 KM.
c.       Modem ISDN (Integrated Services Digital Network)
ISDN adalah transmisi sistem telepon dunia dari teknologi analog ke digital untuk memungkinkan transmisi gabungan dari semua dan setiap informasi, mencakup suara, gambar, surat kabar, diagram dan video confrence. ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data kecepatan tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik).
d.      Modem 3G
Modem 3G dapat berupa ponsel, atau berupa USB seperti flash disk. Biasanya kita akan menggunakan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem 3G di komputer. Kecepatan akses internet yang menggunakan modem 3G sangat bergantung pada lokasi tower seluler yang mendukung akses 3G. Untuk yang mendukung lokasi yang dekat sekitar 100-200 meter dari tower operator seluler 3G, kita akan memperoleh akses internet sekitar 1-2 Mbps.
e.       Modem Wireless Fidelity (WiFi)
Pada komputer jenis Laptop, biasanya sudah terdapat sebuah modem Wireless Fidelity (WiFi) secara internal yang dapat langsung dipakai di ruangan yang telah tersedia Hotspot. Bila laptop atau komputer tidak terdapat modem WiFi, maka untuk koneksi dengan internet dapat ditambahkan dengan USB WiFi. Sebagian besar peralatan WiFi biasanya bekerja pada frekuensi 2.4 Ghz dan 5.8 Ghz. Hotspot adalah istilah yang digunakan bagi jaringan internet berbasis WiFi  disebuah ruangan. Kecepatannya minimal 1 Mbps sampai dengan sekitar 54 Mbps bahkan lebih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar