SELAMAT DATANG di BLOG MERII

Kamis, 22 November 2012

Materi PAI semester 1


SEMESTER 1

Pelajaran Agama Islam kelas IX IPA
A.    Pengertian iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt
Beriman kepada para nabi da raul Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. Telah mengutus mereka untuk membimbing, menunjuk jalan dan mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya kebeneran, serta meyakini bahwa apa yang diturunkan bahwa kepada mereka benaar-benar dari Allah Swt.dan sempurna.
Dalam sebuah hadist, ketika Rasurullah ditanya oleh Abu Dzar tentang berapa jumlah para nabi dan rasul itu, Nabi menjawab 124 ribu, dari mereka itu terdapat 3133 rasul. Dari jumlah itu, yang tersebut namanya dalam Al-Qur’an terdapat 25 orang, yaitu: Adam, Nuh, Idris, Shalih, Ibrahim, Hud, Luth, Yunus, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Ilyasa, Zulkifli, Dawud, Zakaria, Sulaiman, Ilyas, Yahya, Isa, dan Muhammad.
Ajaran sebuah nabi dan rasul adl;dh sama yaitu islam. Islam bukan nama ajaran satu nabi tertentu, tetapi ia adalah nama yang sama-sam dimiliki oleh ajaran semua nabi dan rasul.
            Sebagaimana dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an sebagai berikut.
1.      Ibrahim berkata, “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama islam!” (Q.S al-Baqarah [2]: 132)
2.      Musa berakata, “Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allah, maka bertawakallah hanya kepada-Nya, jika kamu benar-benar orang islam.” (Q.S Yunus [11]: 84)
3.      Tentang Hawariyun, Allh berfirman, “ Maka tatkala Isa mengetahui leingkaran mereka  (Bani Israil), ia berkata, ‘siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk  (menegakkan agama) Allah? ‘Para Hawariyin (sahabat-sahabat setianya) menjawab, “kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang islam.”(Q.S Ali’ Imran [3]: 52)
Tugas utama para nabi dan rasul adalah sama yaitu menyeru umatnya untuk menyauhidkan Allah Swt. Dan meni nggalkan perbuatan syirik. Di antara para nabi dan rasul tersebut ada yang mempunyai keteguhan hati dan ketabahan yang luar biaa ketika menjalankan dakwah kepada umatnya. Tersurat dalam Q.S Al-Ahzab: 7, mereka adalah Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as, Nbi Isa as, dan Nabi Muhammad saw. Dikenal dengan sebutan “Ulul Azmi”. Nbi Muhammad saw.adalah nabi dan rasul yang istimewa, karena belaiu diutus untuk seluruh umat manusia dan diutus untuk menyempurnakan syariat dan ajaran para nabi dan rasul sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar